Harus Tahu, Begini Etika Berhenti di Jalan Tol!

Ada banyak hal yang mungkin terjadi di jalan tol, salah satunya adalah kendaraan yang tiba-tiba bermasalah. Untuk itu, penting sekali untuk menggunakan oli mesin mobil terbaik dan memastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik sebelum melaju di jalan tol. Untungnya, ada bahu jalan yang dibuat khusus untuk mengatasi keadaan darurat.

Jika ada masalah pada mobil Anda, Anda bisa menepi dan berhenti di bahu jalan. Namun, sayangnya masih banyak orang yang lalai dan tidak mengetahui bagaimana cara tepat berhenti di jalan tol. Berhenti di jalan tol pun ada etikanya, meski harus berhenti, jangan sampai mencelakakan pengendara lainnya. Ini dia adab berhenti di jalan tol dalam keadaan darurat.

  • Mengaktifkan lampu hazard

Jika Anda mendeteksi masalah pada mobil dan merasa harus menepi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyalakan lampu hazard sesegera mungkin. Namun, jika menyalakan lampu hazard, ada kemungkinan pengemudi di sebelah kiri Anda justru tidak menyadari jika Anda ingin menepi sehingga tidak memberikan jalan. Meski yang lebih tepat adalah menyalakan lampu hazard, Anda bisa menyalakan lampu sein ke kiri agar pengemudi di sebelah kiri memberikan jalan.

  • Berhati-hati menepi

Adanya masalah pada mobil memang membuat Anda harus menepi sesegera mungkin. Akan tetapi, pastikan Anda menepi dengan hati-hati. Lihatlah kaca spion dengan teliti dan waspadai blind spot.

  • Tetap nyalakan lampu hazard

Ketika sudah berhasil menepi, jangan matikan lampu hazard. Tetaplah nyalakan lampu hazard untuk menandakan bahwa mobil Anda harus menepi karena kondisi darurat.

  • Pasang segitiga pengaman

Segitiga pengaman harus ada di setiap mobil untuk digunakan pada kondisi darurat seperti ini. Dengan hati-hati membuka pintu, keluarlah dari mobil dan pasang segitiga pengaman. Namun, ada aturan perundang-undangan memasang segitiga pengaman yang harus Anda ketahui. Pada jalan tol, segitiga pengaman harus di pasang dengan jarak minimal 50 meter dari mobil. Hal ini dikarenakan rata-rata kecepatan normal mobil di tol adalah 80 km/jam dan pengemudi lain biasanya memerlukan waktu berhenti sekitar 45 meter sejak mereka menyadari ada segitiga pengaman.

  • Segera atasi masalah mobil Anda

Setelah memarkir mobil dengan benar. Anda bisa mencoba untuk mengatasi masalah mobil Anda sendiri. Namun jika kira-kira masalah tidak bisa diatasi dalam waktu 10-15 menit, segera hubungi call center jalan tol di mana Anda berada.

Jadi, itulah cara menepi yang tepat ketika terjadi kondisi darurat di jalan tol. Semoga bermanfaat dan tetap waspada saat berkendara!