Masalah yang Kerap Terjadi Pada Kopling Mobil

Seperti yang kita ketahui kopling merupakan salah satu komponen penting di dalam sebuah kendaraan. Tanpa adanya kopling, kendaraan anda tidak akan berfungsi dengan baik. Namun, pernahkah anda menyadari masalah-masalah yang akan timbul jika anda tidak menjaga kesehatan kopling mobil anda. Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai masalah-masalah apa saja yang dapat ditimbulkan jika kondisi kopling mobil anda sudah tidak prima lagi. Berikut beberapa masalah pada kopling:

Pada kendaraan, khususnya kopling berperan sebagai penghubung putaran mesin ke transmisi. Selain itu, komponen ini juga berguna mengurangi putaran mesin, ketika akan memindahkan gigi transmisi, agar dapat masuk dengan mudah. Baik pada kendaraan bertransmisi manual maupun matic, kopling kerap mengalami gangguan, hal tersebut tentu saja membuat kendaraan menjadi tidak nyaman. Berikut ini kami akan ulas apa saja kerusakan yang biasa terjadi pada kopling, sehingga pengemudi dapat secepatnya melakukan perbaikan atau servis.

1. Menggelincir (slip kopling)

Keadaan ini terjadi karena terjadi keausan pada permukaan plat kopling. Selain itu bisa juga karena terkena minyak sehingga koefisien gesek plat menurun. Kondisi mengakibatkan kopling tidak sempurna memindahkan tenaga dari mesin (mobil hilang tenaga). Jika ini terjadi akan berdampak pada mobil yang tidak dapat melaju cepat dan akan boros bahan bakar.

2. Getaran atau Gesekan kasar

Hal ini terjadi saat komponen tidak berhubungan secara halus dan mobil seolah bergetar. Penyebabnya bisa dari plat kopling, matahari atau roda (flywheel) yang tidak rata.

3. Bunyi “gemeretak” saat gigi transmisi dipindahkan

Jika terdapat bunyi seperti ini, masalah umumnya terjadi pada plat kopling aus, atau plat yang tidak kembali sempurna, ketika pedal ditekan (tetap menempel dengan flywheel). Gigi transmisi akan sulit dipindah, meskipun bisa, maka akan muncul suara kasar (gemeretak).