Memanaskan Mesin Mobil Sebelum Digunakan, Mitos atau Fakta?

Kalian pasti sering mendengar soal mesin mobil yang perlu dipanaskan selama beberapa menit terlebih dahulu sebelum digunakan, apakah benar mesin mobil harus selalu dipanaskan terlebih dahulu?

Jawabanya adalah PERLU, Memanaskan mesin mobil sebelum berkendara bertujuan memberikan kesempatan pada oli yang masih berada dibawah untuk naik dan melumasi komponen mesin. Namun bagi Mesin Mobil Modern kebanyakan sekarang  sudah menganut sistem injeksi bahan bakar sehingga pasokan bahan bakar selalu tepat pada setiap kondisi. Termasuk ketika mesin baru dinyalakan. Tidak perlu menunggu lama, satu menit saja cukup kok untuk membuat oli bersirkulasi, Sehingga tidak perlu lagi memanaskan  mesin mobil dalam waktu lama lagi.

Tapi bagi kalian yang jarang sekali menggunakan mobil untuk berpergian ,baiknya dipanaskan setiap beberapa kali seminggu agar kondisi mesin tetap awet dan terjaga. Bagi yang mobilnya merupakan mobil lama dan belum menganut sistem injeksi bahan bakar kalian harus menghidupkan mesin mobil dan membiarkannya selama 5-10 menit dan jangan menghidupkan AC saat sedang memanaskan mesin mobil kamu.

Lihat pada indikator suhu mesin yang ada, jika jarum indikator berada di posisi tengah seperti gambar diatas maka suhu mobil kamu telah normal dan telah siap digunakan.